*Sejarah Situbatu*
legenda
Dahulu kala ketika masih jajahan belanda ,ada seorang pemuda yang sedang berkelana ke daerah yang sangat banyak dengan pepohonan atau bisa disebut hutan, ada banyak aliran- aliran sungai kecil (walungan) , danau ( situ), dan banyak juga batu. Lalu si pemuda itu mendirikan sebuah rumah yang sangat kecil (saung)di tempat itu. Pada suatu hari menikah lah pemua itu dengan seorang wanita, lalu mereka tinggal bersama di rumah kecil itu. Lama- lama, mereka memiliki banyak keturunan. Lalu pemuda berfikir, karna suatu daerah harus memiliki nama. Akhirnya pemuda itu memberi nama daerah itu, daerah SITUBATU yang artinya SITU ( danau) BATU ( batu). Hiduplah pasangan suami istri itu di daerah yang bernama situ batu. Selama bertahun- tahun mereka tinggal, dan akhirnya ada banyak orang yang tiggal di daerah situbatu itu. Situ batu di bagi dua. Ada situbatu tonggoh (atas) dan situbatu landeuh ( bawah).

DONGENG
Dahulu, pada tahun 2002, masyarakat surian mengalami musibah yang sangat serius, yaitu gagal panen total.dari tahun ke tahun terus mengalami gagal panen, kata orang –orang pintar, kegagalan panen itu gara-gara tikus dedemit (setan tikus).. awalnya masyarakat surian tidak percaya akan hal itu. Namu, kegagalan panen itu masih belum berhenti juga. Akhirnya masyrakat surian mendengarkan apa yang di katakana orang pintar itu, lalu masyarakat surian mengadakan ritual kumpul bersama, dan memanjatkan do’a bersama pada roh-roh leluhur untuk mengusir tikus dedemit, dengan di barengi potong domba, dan masyarakat surian membawa satu suing bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit yang ditusuk oleh tusuk sate, untuk di jadikan jimat supaya tidak terkena lagi oleh musibah. Ritual diadakan di balai desa, dan di pimpin oleh seorang kiai. Setelah menjelang sore masyarakat surian membawa domba yang telah di sembelih tadi dan sessajen ke daerah ci GOBANG, untuk dipersembahkan kepada para roh-roh., akhirnya setelah beberapa bulan, masyarakat surian tidak lagi mengalami gagal panen.
MITOS:
Jangan menyebut kata “EMBE, TARASI, DAN TUNGGUL” di daerah surian, karna jika menyebutkan hal itu secara sengaja akan terjadi musibah pada kita. Seperti mati sacara mengenaskan, ataw hal- hal lain yang akan tarjadi pada kita secara tidak terduga.