ASAL MULA SUDIMAMPIR

Dahulu kala,daerah Sudimampir yaitu hutan.Rumah pun jarang, hanya orang-orang terdahulu yang masih ada disana.Tersebutlah Eyang Adin, beliau merupakan sesepuh di daerah tersebut. Eyang selalu kedatangan tamu dari daerah Jawa.
Suatu waktu,ada 3 orang yang mengelana kedaerah tersebut,dan berasal dari Jawa.Oleh Eyang dan rakyat di daerah tersebut diterima dengan baik. Begitu pula dengan ke 3 orang tersebut membalas kebaikan eyang dan rakyat dengan jasa-jasanya. Seperti membuatkan sawah,mengubah system pemerintahan dan lain-lain. Sampai ke 3 orang tersebut betah dan berkata “Kula sudi nyimpang/mampir di daerah ini,siapa saja yang mampir kedaerah ini akan SUDIMAMPIR dan betah.” Katanya sambil berpamitan untuk pulang.
Itulah SUDIMAMPIR. Siapa pun yang main kesana pasti betah dan menginginkan untuk kembali. Dan siapun yang berniat untuk menetap disana pasti akan betah,dan tidak ingin pulang atau berniat untuk pindah kekampung lain. Dalami stilah Sunda “sing saha nu rek ngabina rumah tangga jeung urang Sudimampir jeung dituluykeun ngumbara di Sudimampir bakal betah,mun dina rek ninggal keun oge bakal kabengbat deui ……”

SUDIMAMPIR_Gituuu …….

Ammuu_dalapan..
Tia Nuraidah .. SiKuBaLaReBa’s …

Jangan main pada Sore Hari(Sareupna)

Alkisah datang dari nenek moyangku.Kata nya aku punya jangawareng namanya Eyang Rikem,kecantikan,kepintarannya sangat terkenal dikalangan bangsawan. Tetapi Eyangtidak pernah mau dipinang atau dinikahi oleh para bangsawan . eyang hanya ingin dinikahi oleh orang pribumi.
Dan tersebutlah Eyang dinikahi pemuda pribumi.Tapi sayang,Eyang tidak pernah dibahagiakan olehs uaminya. Eyang selalu dimarahi bahkan dimaki oleh Eyangl aki.Eyang istri selalu sabar,meskipun Eyang itu di selingkuhi oleh eyang laki ,eyangistritetapbertahan. Sampai-sampaiEyangstress,berfikirberat. Dan entah mengapa,Eyang mengambil kayu kehutan pada sore hari. Pada kala itu juga Eyang melamun di dekat pohon besar(DANGDEUR). Lalu Eyang, katanya dibawa oleh ratu kelalawar untuk diam di pohon tersebut.
Maka dari kejadian tersebut,orang sunda selalu mengatakan “Tong ulin sareupna,bisi dirawukelong”, dalam bahasa Indonesia “ Jangan main pada sore hari ,takut diambil sama ratu kelalawar”……
Hhhehhhhe…….

Eyangg akuu gituu ….hehe

Ammuu_daLapan…
Tia Nuraidah_SiKuBaLaReBa’

Anak yang Cerdik

Alkisah yang tak tahu arah anginnya.Tak tahu kapan datangnya,dan tak tahu kapan terdengar oleh telingaku. Ini alkisah seorang anak cerdik yang malang, yang kehadirannya di dunia ini tidak diinginkan oleh orang tuanya.
Suatu hari orang tua nya mempunyai niat jahat kepada anak nya tersebut,dia menginginkan anak tersebut dibuang jauh dari kampong nya itu. Sebuah rencana pun disusun oleh orang tuanya,tak tau kenapa anak itu mengetahui siasat buruk orang tuanya.
Lalu cepat-cepat ia mengambil tindakan,dia tidak menginginkan untuk jauh dari orang tuanya. Nah inilah saatnya, orang tua si anak itudiam-diam membawa anaknya untuk kehutan yang sangat jauh dari tempat tinggalnya.Dan di tinggalkanlah anak tersebut dihutan tersebut.
Tapi apa yang terjadi ????? “apa ?kenapa kamu bisa disini ?” Tanya orang tuanya.
“aku bisa pulang kesini,karena ini !!” menunjukan sebuah batu yang menjadi jalan pulang dan menjadi jejak yang dipergunakan tadi.
“kami salut sama kamu nak,ternyata kamu cerdik.” Kata orang tua si anak sambil merangkul nya.

Sebisa mungkin kita harus bisa menerima orang-orang yang ada ditengah-tengah kita,apalagi ini darah daging kita sendiri…..

Ammuu_dalapan
Tia Nuraidah_SiKuBaLaReBa’s