Oleh : Lita Oviana
MITOS
Anggapan orang minang kabau
“Jangan makan dipiring retak”bagi orang yang telah menikah karna akan membuat rumah tangga mereka terpecah belah,dan bagi anak kecil/remaja akan membuat ilmu yang dituntutnya tidak akan menerap lama di otaknya san tidak akan bermanfaat bagi hidupnya kelak.
DONGENG
Telaga Kerbau Tanduk Emas
Cerita orang minang kabau
Disebuah desa di Minang kabau tepatnya di taratak VIII terdapat sebuah telaga yang dinamakan telaga kerbau tanduk emas,kata warga setempat dahulu kalah telaga itu adalah sebuah sawah dan sawah itu di gunakan sebagai tempat gembala kerbau.
pada suatu hari ada seorang laki-laki yang mengembalakan kerbaunya .kerbau itu sedang asik berendam di kubangannya ,tiba-tiba turun hujan yang sangat deras,sipengembala ingin pulang namun kerbaunya susah sekali dibawah pulang,ia terus menarik tali kerbaunya.sampai akhirnya ia kewalahan dan mengutuk kerbaunya “semoga kubanganm itu menelanmu”disertei patir yang sangat kuat dan hujan yang sangat deras,hal ini berlangsung selama tiga hari tiga malam.
kerbau itu meng hilang dan dikabarkan ia terbenam kedalam kubangannya ,kubangan tersebut berubah menjadi sebuah telaga,dikabarkan pulah setiap hujan panas kerbau itu akan muncul kepermukaan air, dengan tanduknya berwarna keemasan,

LEGENDA
Asal Mula di Namakan Sulit Aie
Kisah orang minang kabau
Di daerah Sumatra barat ada sebuah tempat yang dinamakan sulit aie yang artinya sulit air.Dahulu rakyat setempat sangat susah untuk mendapatkan air,meraka harus berjalan sejauh lima kilo meter untuk mendapatkan air,baik itu untuk mandi,untuk makan dan minum ,mereka harus menempuh jarak itu,untuk pergi mandi mereka harus membawa bekal.
Diperjalanan nantinya mereka akan berhenti untuk istirahat,dan menghabiskan bekal mereka ,kadang untuk perjalanan pulangpun mereka harus menyediakan obor karna hari sudah gelap,bahkan tak jarang mereka kemalaman sampai dirumah.Maka dari itu daerah ini dinamakan sulit aie.
Tapi tidak dengan sekarang rakyat sulit aie,bisa dikatakan sudah makmur,karna air sudah tidak sulit lagi di dapatkan ,sudah banyak sumur bor,jalan raya pun sudah bagus.Tapi daerah ini masih dinamakan sulit aie